0 Comments

Memilih lem kayu untuk laminasi merupakan suatu hal yang penting untuk menunjang efisiensi produktivitas,

Material veneer kayu adalah lembaran kayu dengan ketebalan 0.24 mm hinga 3 mm yang didapat melalui proses pengupasan jenis kayu tertentu seperti kayu jati, kayu sungkai, kayu mindi, serta kayu oak. Veneer kayu kerap menjadi pilihan sebagai material finishing baik untuk perabot ataupun material mentah seperti papan kayu lapis ataupun papan kayu blockboard untuk membantu permukaan material tersebut menjadi lebih rata.

Adapun beberapa contoh kayu olahan yang banyak dilapisi dengan veener antara lain:

  1. Particle Board

Partikel Board adalah papan material kayu yang tersusun dari serbuk gergaji, dipadatkan melalui proses secara kimia dengan tekanan dalam suhu tinggi. Harga Partikel board jauh lebih murah daripada Plywood dan MDF dengan permukaan papan biasanya sudah terlapisi veneer/ lapisan kayu.

2. Fiberboard (MDF/HDF)

Fiberboard adalah kayu olahan dengan kualitas medium. Fiberboard terdiri atas MDF atau Medium Density Fiberboard dan HDF atau High Density Fiberboard. Bahan ini memiliki permukaan yang mulus, cukup keras, dan cukup kuat.

3. Blockboard

Lapisan utama blockboard adalah pada bagian tengah yang memiliki ketebalan 20-30mm. beberapa potongan kayu dengan lebar tersebut dilaminating dan dilapisi dengan beberapa vinir seperti untuk plywood.

Vinir tersebut disusun secara melintang serat untuk mendapatkan kestabilan dan kekuatan menahan penyusutan kayu. Lalu beberapa lembaran tersebut dilapisi lem dan dipres dibawah tekanan yang besar, yang harus diperhatikan pada blockboard adalah arah serat. 

Keuntungan Aplikasi Veneer dengan Lem Kayu Cepat Kering untuk Laminasi

Karena banyak digunakan oleh industri kayu olahan, veener menjadi salah satu material yang penting karena memiliki daya tahan yang baik dengan tampilan natural yang lebih alami untuk industri pengolahan kayu terutama industri mebel atau furniture. Oleh karena itu hal yang harus diperhatikan dari aplikasi veener yaitu salah satunya adalah lem kayu untuk proses laminasi karena dapat menunjang ke efektivitas produksi.

Lem yang dibutuhkan untuk aplikasi veener adalah lem kayu laminasi yang cepat kering, serta kualitas lem laminasi tersebut. Berikut merupakan hasil  yang diperoleh dari keuntungan lem kayu laminasi yang cepat kering diantaranya :

ALFABOND , lem kayu yang cepat kering untuk veener laminai

  • Pengerjaan Berjalan lebih cepat

Semakin cepat lem mengering, akan semakin banyak produk kayu yang bisa dihasilkan

  • Hemat biaya produksi

Kecepatan kering lem yang tinggi akan menurunkan tenaga yang harus dikeluarkan

  • Waktu dan biaya lebih efisien

Dari proses produksi yang lebih cepat maka menghasilkan efisiensi waktu dan biaya yang harus dihabiskan. Pada akhirnya hal ini pun akan berdampak pada budget atau cost of production yang lebih rendah.

Formula Alfabond untuk laminasi dapat disesuaikan dengan jenis aplikasinya.

Untuk info lebih lanjut bisa klik website PT Alfa Polimer Indonesia di http://www.alfa-polimer.com/ atau email di csd@alfa-polimer.com atau bisa juga hubungi kami di 022-686695 dan WhatsApp bisa klik dibawah ini

Alfabond, laminasi, lem kayu, lem veener, veener, lem kayu veener, lem, alfachem, alfacoat
WhatsApp Alfa Polimer

Artikel lainnya :